Oleh humas on June 26, 2014

Jakarta, 26 Juni - Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang kewajiban mencantumkan pictorial health warning (PHW) atau peringatan bahaya merokok bergambar pada bungkus rokok, seperti jalan di tempat. Buktinya, baru enam dari 3.363 merek rokok yang terdaftar di Bea dan Cukai memasang gambar seram pada kemasan rokok.
"Berdasarkan data hingga kemarin, pukul 18.00 WIB, baru dua perusahaan yang mematuhi amanat pecantuman PHW pada bungkus rokok,'' kata Koordinator Program Perlindungan Anak dari Bahaya Tembakau Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) Indah Permata di Jakarta, Rabu (25/6/2014), sebagaimana dilansir laman Metrotvnews.com.
Enam merek rokok yang sudah memasang gambar seram masing-masing U Mild, A Mild Menthol, Marlboro Menthol, Dji Sam Soe, Camel, dan Mevius. Indah menyesalkan minimnya kesadaran perusahaan rokok mematuhi amanat PP No.109/2012.
Pantauan di lapangan, hampir semua minimarket dan warung belum mendapat pasokan produk rokok yang disertai PHW. "Kiriman (produk rokok) terbaru belum masuk,'' kata seorang kasir minimarket di wilayah Gatot Subroto, yang mewanti-wanti Metrotvnews.com tidak menulis namanya.
Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat HR. Agung Laksono mengatakan, pemerintah memang memberikan toleransi selama 2-3 bulan kepada produsen untuk menarik produk lama mereka dari pasaran. "Kalau sudah tersebar ke warung, toko, apalagi di desa-desa kan tidak mudah penarikannya. Pemerintah tetap konsisten pada PP itu.''
Banyak warga tak yakin pemasangan gambar seram pada bungkus rokok bisa menggerus jumlah perokok di Tanah Air. "Nggak ada pengaruhnya. Mau gambarnya seram bagaimanapun, nggak bakal membuat kita-kita takut, terus berhenti ngudut," kata Waspan, salah satu pekerja swasta di bilangan Kedoya, Jakarta Barat.
Waspan perokok aktif. Budianto yang bukan perokok pun hakul yakin peraturan itu tidak bakal berdampak apa-apa buat perokok. Menurut ia, yang paling ampuh buat menekan perokok adalah bila harga rokok dibikin selangit. Dibuat semahal-mahalnya.(Mtvc/Gs).

Categories: